Kamis, 08 Januari 2009

Usaha Rental Komputer

hai guys........
selamat bergabung kembali dengan blog wirausaha ini, uraian kali ini saya akan sedikit membuat usaha alternatif tentang "Rental Komputer".
Sekali lagi bahwa untuk membuka sebuah usaha sendiri, yang perlu kita perhatikan adalah kita mampu membaca "lingkungan" dimana usaha yang akan kita buka.
Lingkungan disini yang dimaksud adalah sebuah tempat yang mempunyai hubungan dengan usaha yang nantinya kita buka.Bagaimana nanti kedepan usaha kita ini akan berkembang, laku, diminati banyak orang sehingga secara otomatis kesejahteraan hidup kita nanti juga akan mengalami perubahan.
Kemudian prioritas yang kedua adalah "Dana". Pendanaan untuk memulai usaha merupakan faktor yang sangat penting. Kalo kita mempunyai budget yang besar ok lah kita mampu membeli peralatan yang jumlahnya besar, tapi kalo budget kita kecil kita beli alat semampu dari budget yang kita punya.
Kemudian prioritas kita yang ketiga adalah "manajemen". Hal ini juga sangatlah penting, sebab tanpa manajemen yang baik usaha kita tidak akan berkembang. Manajemen disini adalah kita mampu mengatur, menganalisa serta membuat aturan-aturan yang baik bagaimana supaya usaha kita kedepan bisa berkembang.
Ketiga faktor tadi : Lingkungan/tempat, Pendanaan/keuangan, Manajemen merupakan syarat wajib untuk membuka usaha / wirausaha sendiri.
Sebagai contoh saja :
Katakanlah kita mempunyai budget 5 juta, yang pertama kita lakukan adalah mencari tempat dimana usaha yang akan kita buka. Katakanlah anda sudah mendapat tempat dengan biaya sewa 2,5 juta / tahun. berarti dana kita tinggal 2,5 juta.
dari dana 2,5 juta tersebut kita belanjakan dua komputer second dengan spesifikasi : PIII 800 Hz/HD 20Gb/RAM 128Mb dan monitor second dengan harga 1 juta/unit, sisanya kita belikan printer dan kertas.
Disini kita sudah bisa membuka usaha yang kita buat, sekarang bagaimana disini anda mampu memanajemen usaha yang kita buka. Salah satu caranya adalah kita memposterkan atau membuat selebaran yang sifatnya promosi terhadap usaha rental komputer yang kita buka.
Kita baca pasar, katakanlah diluar untuk rental komputer per jam nya Rp.1500,-.Kita turunkan harga rental komputer Rp. 200,-saja pasti konsumen akan lari ke kita.
Banyak pertimbangan-pertimbangan lain yang bisa membuat usaha kita berkembang lebih maju, oleh karena itu banyak lah belajar dan kalaupun usaha yang kita buat ini rugi / bangkrut anggaplah sebuah ujian. Sebab kita tahu "Bola bekel kalau kita jatuhkan kelantai dengan keras pasti akan terlempar keatas dengan sangat tinggi"

Tidak ada komentar: